Kementrian Kominfo RI memberikan kesempatan pertama kepada Kabupaten Sleman untuk menerapkan MANTRA (Manajemen Integrasi Informasi dan Pertukaran Data), yaitu suatu aplikasi yang berguna bagi integrasi sistem. Selama dua hari berturut-turut yaitu hari ini Kamis dan Jumat tanggal 20 dan 21 September 2012, Kementrian Kominfo RI memberikan sosialisasi dan pelatihan secara langsung. Pelatihan dilaksanakan di ruang lab komputer Kominfo Sleman di gedung LPSE.

Aplikasi MANTRA secara mendasar berfungsi sebagai Aplikasi perantara yang umumnya dinamakan antar muka pemrograman aplikasi (Application Programming Interface/API) sehingga memungkinkan pemanfaatan fungsi suatu program aplikasi dilakukan melalui komunikasi jarak jauh (Remote Procedure Call/RPC) atau dengan kata lain kemampuan suatu program untuk dapat menggunakan sumber daya, layanan atau program secara bersama. Aplikasi ini sudah diterapkan di tingkat pusat oleh 2 intansi yang berbeda yaitu Dirjen Pajak dan Administrasi Kependudukan.

Keunggulan aplikasi MANTRA ini adalah pada keamanan pertukaran data sehingga instansi pemilik data tidak memiliki kekhawatiran terhadap basis data yang dimilikinya. Selain itu, melalui aplikasi ini, pertukaran data menjadi lebih efisien, tidak memerlukan input data ulang dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Jika aplikasi MANTRA telah sukses diimplementasikan di Sleman, maka Kementrian Kominfo RI berencana untuk mengimplementasikannya secara nasional.

Pada tahap awal, sosialisasi dan pelatihan ini diikuti peserta dari 5 instansi yaitu : Bappeda, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, BKD, Badan KBPMPP dan staf Dishubkominfo sendiri. Kelima instansi ini mewakili instansi yang telah memiliki aplikasi dan data yang siap untuk diintegrasikan.

Integrasi sistem dan pertukaran layanan data ini sangat diperlukan mengingat selama ini banyak instansi yang membutuhkan basisdata dan informasi yang dapat digunakan bersama misal basisdata  kependudukan yang digunakan untuk mengupdate data kemiskinan, data kesehatan atau data pendidikan. Kedepan diharapkan dengan adanya aplikasi MANTRA ini masing-masing instansi dapat bertukar data terupdate dengan aman.